8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Bali yang Paling Legendaris!

4 min read

Wisata Kuliner di Bali

Bali Trilogy – Tren wisata kuliner di Bali sepertinya akan mengalami peningkatan pada 2020. Tingginya minat masyarakat terhadap makanan tradisional dan faktor Pulau Dewata sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia mendorong sejumlah pengusaha kuliner untuk mengembangkan bisnis. Jadi jangan kaget kalau kamu menemukan aneka tempat makan saat menginjakkan kaki di Bali.

Rekomendasi Wisata kuliner di Bali Paling Enak

Saking banyaknya tempat makan di Bali, tak jarang wisatawan dibuat kebingungan menentukan tempat. Kamu bisa memudahkannya dengan menentukan tujuan wisata kuliner. Apakah untuk dapat foto yang Instagramable? Menikmati makanan berkelas? Menyantap hidangan ekstrem?

Kalau tujuanmu adalah menjajal wisata kuliner enak murah Bali, kabar baiknya ada banyak tempat makan legendaris yang bisa disambangi. Tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut rekomendasi delapan tempat makan lezat terjangkau buat kamu yang pengin kulineran di Pulau Dewata!

  1. Warung Klasik

Mengikuti namanya, Warung Klasik menghadirkan menu tradisional yang siap menggoyang lidahmu. Sebut saja nasi campur khas Bali, lumpia, satai ayam, dan ayam goreng pedas hingga Gurame Bakar yang menggoda. Hal lain yang bikin Warung Klasik tak pernah sepi pengunjung adalah pemandangan yang mengesankan.

Warung Klasik Benoa
Menu rekomendasi di Warung Klasik Benoa adalah Gurame Bakar Pedasnya

Harga makanan dan minuman yang disediakan Warung Klasik terbilang terjangkau, yakni dari Rp40.000 saja. Uniknya lagi, ada kelas masak yang diselenggarakan buat kamu yang pengin bisa mengolah makanan favorit atau mengisi waktu luang di sela wisata kuliner di Bali.

Alamat: Jalan Sentra Ganda Mayu, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-23.00 WITA.

  1. Warung Mak Beng

Tempat makan yang satu ini sudah dikenal legendaris oleh pecinta kuliner. Warung Mak Beng yang melayani sejak dekade 1940-an bahkan jadi langganan banyak artis, padahal mereka menyediakan satu menu saja, yakni ikan goreng dengan sayur sup kepala ikan beserta nasi dan sambal.

Sup Ikan Warung Mak Beng
Menu paling dicari oleh pengunjung di Warung Mak Beng adalah Sup Ikan dan Ikan Gorengnya yang super enak

Tampak sederhana? Tunggu sampai kamu mencicipinya langsung! Hanya dengan mengeluarkan Rp34.000, kamu bakal disuguhkan ikan goreng terlezat di Bali. Jadi jangan sampai lewatkan Warung Mak Beng dari daftar tempat wisata kuliner enak Bali.

Alamat: Jalan Hang Tuah Nomor 45, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00-22.00 WITA.

  1. Warung Nasi Bali Men Weti

Lokasi legendaris lainnya yang wajib kamu datangi adalah Warung Nasi Bali Men Weti. Buka sejak 1970, tempat makan ini selalu dipadati turis domestik maupun mancanegara. Salah satu alasannya karena nasi campur khas Weti yang pedasnya tak akan kamu dapatkan di warung makan lainnya. Jangan terkeceoh dengan tampilannya yang biasa saja, tapi rasanya sangat luar biasa enak. Pengunjung rela antri dari jam 9 Pagi bahkan sebelum warung buka hanya demi sebungkus nasi Men Weti.

Nasi Bali Men Weti
Kuliner Legendari Nasi Bali Men Weti yang super pedas dan enak

Men Weti memang sudah meninggal pada April 2017, tetapi bukan berarti warung nasi tersebut serta-merta tutup. Ada anaknya, I Nyoman Sukadana atau Men Rame yang meneruskan wisata kuliner di Bali yang akan menyajikan makanan dengan rata-rata harga Rp40.000 per dua orang.

Alamat: Jalan Letda Reta Nomor 52, Dangin Puri Klod, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

Jam operasional: Senin-Sabtu, pukul 09.30-17.00 WITA.

  1. Teba Café Jimbaran

Kamu yang gemar sajian seafood wajib menjajal hidangan yang disuguhkan di Teba Café Jimbaran. Jimbaran sendiri adalah salah satu kawasan di Pulau Dewata yang menyediakan olahan laut paling enak. Berkunjung ke sini seperti mampir ke surga seafood!

Teba Cafe Jimbaran
Tempat Wisata Kuliner di Bali yang paling sering di kunjungi nih!

Satai cumi, kerang, udang, dan lobster adalah sebagian menu yang bakal kamu jumpai di Teba Café Jimbaran. Jangan lupa buat menikmatinya bersama sambal pedas, nasi, dan lalapan. Buat porsi dua orang saja, kamu hanya perlu membayar dari Rp200.000 di tempat wisata kuliner di Bali ini.

Alamat: Jalan Bukit Permai, Muaya Beach, Jimbaran Bay, Jimbaran, Kuta Selatan, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00-23.00 WITA.

  1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Tempat makan selanjutnya yang menyajikan nasi campur khas Bali adalah Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku. Pengalaman kuliner di sini bakal semakin mengesankan kalau kamu datang bersama pasangan atau kekasih, karena tempatnya yang sangat romantis.

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku
Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Apa saja menu yang ditawarkan Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku? Lokasi wisata kuliner di Bali ini punya nasi ayam yang terdiri atas ayam suwir, ayam goreng kering, urap sayur, satai lilit, telur pindang, hingga kulit ayam goreng yang dibanderol Rp100.000 saja per dua porsi.

Alamat: Jalan Raya Kedawetan Nomor 18, Ubud, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00-21.00 WITA.

  1. Warung Wardani

Masih pengin mencoba nasi campur? Ada Warung Wardani yang patut kamu pertimbangkan. Tempat makan ini juga kerap direkomendasikan bagi wisatawan Muslim yang mencari hidangan halal, tetapi masih menyuguhkan cita rasa kuliner Bali yang khas.

Warung Wardani Tuban
Warung Wardani Tuban, salah satu pioner makanan enak di bali

Aneka makanan pun siap kamu pesan. Sebut saja satai sapi, udang goreng tepung, dendeng sapi, ayam suwir, tumis kacang panjang, telur bumbu bali, dan pastinya sambal malah. Harga menu yang ada di tempat wisata kuliner murah di Bali ini pun terjangkau, yakni dari Rp38.000 per porsi.

Alamat: Jalan Yudistira Nomor 2, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-17.00 WITA.

  1. Ayam Betutu Men Tempeh

Kamu belum sah melakukan wisata kuliner kalau melewatkan Gilimanuk. Ikon wisata kuliner Bali ini punya banyak tempat makan enak, salah satunya Ayam Betutu Men Tempeh. Perpaduan rasa pedas dengan bumbu rempah khas Bali siap bikin kamu ketagihan dibuatnya.

Ayam Betutu Men Tempeh
Bisa di Bilang Ayam Betutu Men Tempeh adalah tempat Wisata Kuliner di Bali paling terkenal loh!

Kalau kamu belum tahu, Men Tempeh merupakan tokoh ternama di dunia kuliner di Pulau Dewata yang sejajar dengan Bu Agung Oka dan Made Mash. Tempat wisata kuliner di Bali ini dibuka sejak 1967 dan menjadi tujuan penikmat kuliner yang pengin menyantap ayam betutunya yang khas.

Alamat: Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.00-22.00 WITA.

  1. Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua

Selain ayam betutu dan satai lilit, babi guling menjadi makanan khas yang bakal mudah dijumpai di Bali. Kamu yang pengin mendapatkan babi guling terbaik bisa mampir ke Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua yang disajikan dalam potongan kecil bersama nasi putih, kerupuk, dan sup babi.

Babi Guling Pak Dobiel
Babi Guling Pak Dobiel

Babi guling yang disajikan di pusat wisata kuliner babi di Bali ini memakai bumbu lengkap atau base genep sebelum dipanggang memakai api sedang selama dua jam. Untuk seporsi babi guling Warung Babi Gulung Pak Dobiel Nusa Dua, kamu hanya perlu membayar Rp30.000. Terjangkau, kan?

Alamat: Jalan Srikandi Nomor 9, Nusa Dua, Benoa, Badung, Bali.

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-16.00 WITA.

Bagaimana, sudah menemukan tempat makan yang cocok sama selera dan bujetmu? Khusus buat kamu yang menghindari hidangan non-halal, jangan sungkan untuk bertanya atau mencari informasi lengkap supaya tak salah pesan saat kamu sampai di beberapa tempat wisata kuliner di Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *