9 Objek Wisata di Bangli yang Wajib di Kunjungi

3 min read

Gunung Batur

Bali Trilogy – Kabupaten Bangli ialah nama kabupaten yang ada di provinsi Bali, sekaligus sebagai kabupaten yang tidak mempunyai wilayah laut di Bali. Karenanya bagi Kamu yang bosan dengan wisata pantai, bisa mengunjungi kabupaten ini untuk menikmati berbagai tempat wisata menarik. Meskipun wilayah ini tidak mempunyai pantai, tapi ada beberapa objek wisata cantik. Di sini terdapat sebuah danau yang menghadirkan area pegunungan yang menyejukkan dan beberapa tempat wisata serta keunikan tradisi dan budaya sama seperti wilayah lainnya yang ada di pulau Bali.

Daftar Tempat Wisata di Bangli

Jika Kamu penasaran dengan wilayah yang tidak memiliki pesisir pantai di pulau Bali ini, Kamu tetap bisa menikmati sejumlah objek wisata menarik yang dapat memberikan pengalaman berkesan saat berkunjung ke Pulau Dewata, berikut daftarnya :

Desa Panglipuran

Panglipuran menghadirkan sebuah desa yang memiliki pemukiman ramah lingkungan, dengan suasana alam begitu asri, tenang, nyaman dan tertata baik. Warga di desa ini juga masih memegang tradisi dan budaya warisan leluhurnya, karenanya para wisatawan sayang melewatkan tempat ini saat travelling ke Bali. Bangunan di Desa Panglipuran ini tertata rapi berukuran panjang 500 meter, angkul-angkul berbentuk simetris dan sama seperti jalan berundak akan terlihat di sekitarnya. Kamu juga tidak akan menemukan polusi kendaraan bermotor saat pergi ke desa ini. Karena kendaraan bermotor bagi wisatawan maupun warganya sendiri sudah disediakan tempat parkir khusus.

Desa Penglipuran
Desa Penglipuran mendapatkan penghargaan sebagai Desa Terbersih di Bali

Wisata Gunung Batur

Meskipun bukan termasuk gunung tertinggi yang ada di Bali, karena hanya mempunyai ketinggian sekitar 1.717 mdpl, tapi puncaknya kerap menjadi tujuan objek wisata wajib untuk para pendaki. Terutama bagi para pemula yang ingin mendaki, wisata Gunung Batur menawarkan wisata yang menarik. Selain itu, kawasan ini lebih mudah dijangkau jika dibandingkan wisata Gunung Agung. Untuk lokasi start pendakian sendiri dimulai dari Toya Bungkah. Gunung ini mempunyai 3 buah kerucut, sebagai gunung yang memiliki kaldera terluas di seluruh dunia. Kaldera tersebut terbentuk akibat letusan dahsyat yang terjadi sejak ribuan tahun lalu. Sebenarnya gunung ini masih aktif, meskipun demikian wisata ini masih termasuk zona aman untuk pendakian. Gunung di pulau Bali ini menjadi tujuan tempat wisata populer untuk para pendaki.

Gunung Batur
Pemandangan Matahari Terbit di Gunung Batur

Wisata Danau Batur

Danau ini berlokasi di Kecamatan Kintamani, tepatnya di Kabupaten Bangli, sekaligus sebagai danau terbesar dari 4 danau lainnya yang ada di pulau Bali. Tidak hanya keindahannya saja yang dapat dilihat di Desa Panelokan, tetapi Kamu juga bisa menyaksikannya langsung ke lokasi. Di tempat wisata ini kamu bisa melihat dan menikmati perkampungan agrowisata sayuran di Danau Batur, mulai dari cabe, kol, tomat, dan bawang. Berwisata ke tempat ini paling ideal ialah dengan berkunjung ke tempat pemandian air panas sekaligus pergi ke restoran terapung di pinggir danau.

Danau Batur
Keindahan Danau Batur yang wajib dikunjungi saat ke Bali

Wisata Air Terjun Tukad Cepung

Objek wisata yang bisa Kamu kunjungi lainnya di kabupaten ini ialah Air Terjun Tukad Cepung. Tempat wisata ini memang cukup diminati para wisatawan saat pergi ke Bali. Sayangnya untuk menuju tempat ini tidaklah mudah, sebab memerlukan stamina yang ekstra. Destinasi air terjun di Bali ini berada diantara tebing bebatuan, sehingga membuatnya terlihat unik. Sesampainya di area parkir, Kamu akan disambut beberapa pemuda desa. Biasanya sebelum memasuki tempat ini, para pemuda tadi melakukan upacara Mesirat terlebih dahulu dengan cara diperciki tirta. Adapun tujuannya ialah untuk menyucikan diri.

Wisata Air Terjun Tukad Cepung
Wisata Air Terjun Tukad Cepung yang Romantis

Pura Pancering Jagat

Pura Pancering Jagat Kintamani, Bali ialah sebuah patung yang memiliki ketinggian 4 meter diberi nama Dantona. Patung Dantona konon ada di Pura Ratu Sakti Pancering Jagat, berawal dari penemuan petani yang sedang berburu membawa anjingnya ke tengah hutan. Tapi, tiba-tiba saja anjing pemburu tersebut menyalak sengit. Akhirnya sang petani pun penasaran, saat dicek ditemukanlah benda kecil berbentuk patung berukuran 9 cm. Sesudah dicoba, ternyata patung Dantona ini tidak dapat dicabut karena melekat di permukaan. Patung tersebut sebenarnya dapat digerakkan, hanya saja tidak dapat diambil atau dicabut.

Desa Guliang Kangin

Wisata di Bangli memang selalu memberikan sensasi tersendiri yang membuat kita semakin rindu akan hawa-hawa area pedesaan. Sama halnya ketika Kamu mengunjungi Desa Guliang Kangin ini. Selain itu, penduduk lokal di sini juga ramah sekali pada para pengunjung. Objek wisata ini adalah Desa Wisata baru dan mulai beroperasi sejak pertengahan tahun 2012 lalu. Di tempat wisata ini ada fasilitas ruang pertemuan, cooking class, restoran, tempat untuk menanam, menebuk dan membajak.  Selain itu, ada juga pengembangan tempat wisata Malukat yang ada di Pancoran Solas.

Desa Wisata Guliang Kangin
Wisata Subak di Desa Guliang Kangin

Objek Agrowisata Buana Amerta Sari

Objek wisata ini terletak di Jl. Raya Jurusan Tampaksiring-Kintamani, Banjar Sribatu, Bali. Merupakan objek wisata yang selalu dipadati wisatawan, baik di hari biasa ataupun hari libur. Menghadirkan tempat yang sangat indah, memberikan sensasi berbeda, sudah tentu bisa menyimpan kesan mendalam saat pergi ke tempat ini. Agrowisata Buana Amerta Sari ini mempunyai pesona keindahan alam yang amat menarik. Jadi sangat pas untuk mengisi aktivitas liburanmu, terlebih saat mengisi liburan panjang di Bali.

Taman Nusa Bali

Tempat wisata Taman Nusa Bali merupakan salah satu taman budaya Indonesia yang menawarkan banyak informasi. Pasalnya taman ini, sebagian besar menyuguhkan kebudayaan di berbagai suku di Indonesia. Objek wisata ini juga menghadirkan informasi dengan cara interaktif dan atraktif. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pengunjung untuk memahami informasi tentang kebudayaan Indonesia. Arsitektur dan tata ruang Taman Budaya Nusa Bali ini terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar. Sebab dipadukan dengan view latar alam pegunungan. Selain itu, kompleks di Taman Nusa Bali dibangun di tebing yang memiliki pemandangan alam sungai Melangit di bawahnya. Taman Nusa Bali juga didirikan di atas lahan seluas 15 ha. Dimana setiap bangunan di sana, dibangun menurut perjalanan sejarah dan kebudayaan negara Indonesia dari tiap-tiap suku.

Air Terjun Dusun Kuning

Sesuai Namanya, objek wisata ini terletak di Dusun Kuning, tepatnya di Desa Taman Bali, Bangli. Air terjun Dusun Kuning memiliki ketinggian mencapai 25 meter. Memiliki nuansa alam yang asri dan tenang dengan view tanaman dan tebing di sekitarnya. Air terjun ini sangat jernih karena berasal dari sumber mata air pegunungan. Di lokasi ini bahkan dapat ditemukan beberapa macam kera yang bergelantungan dan menandakan bahwa tempat ini memang jauh dari hiruk pikuk kota. Saat pergi ke tempat ini, Kamu akan disambut dengan hawa udara yang sejuk juga menenangkan, sehingga sangat cocok sebagai tempat relaksasi diri. Panorama alam di tempat ini tentu saja menawarkan pilihan berbeda dan ideal saat Anda jenuh dengan suasana pantai.

Air Terjun Dusun Kuning
Salah satu wisata baru di Bali, Air Terjun Dusun Kuning

Itulah tempat wisata di Kabupaten Bangli yang tentu saja menawarkan sensasi dan nuansa yang berbeda selama liburan ke Pulau Dewata. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *