Tempat Wisata di Bali yang Menarik selain Pantai

4 min read

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Bali Trilogy – Bali, pulau dewata ini memang banyak sekali memiliki destinasi wisata berupa pantai-pantainya yang indah dan sudah terkenal ke berbagai pelosok nusantara dan hingga ke mancanegara. Namun Bali itu tak hanya pantai, banyak juga tempat wisata di Bali selain pantai yang juga tak kalah menariknya. Objek wisata di Bali itu adanya bisa di danaunya, di jurangnya atau di gunungnya juga di sungainya, ada juga air terjun di Bali, dan bahkan juga destinasi wisata di Bali tersebut ada yang lokasinya di persawahan dengan bentuknya yang meliuk-liuk khas sangat indah menjadi latar belakang pemandangan foto ataupun di perkotaannya dan lain sebagainya. Harga tanah di tepi jurang di Bali bahkan mencapai nilai yang sangat tinggi dan berharga fantastis miliaran Rupiah. Hal ini karena pemandangan di tepi jurang di Bali yang tak kalah indahnya, selain itu udaranya juga sejuk segar. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bali yang menarik selain di pantainya.

Tempat Wisata di Bali Selain Pantai

Danau Beratan, Bedugul

Danau ini sudah sangat populer di Bali, dan sudah sering menjadi destinasi wisata alternatif selain pantai. Pemandangan alam di danau Beratan atau yang sering juga disebut sebagai danau Bedugul ini sangat indah sekali dan mempesona, udaranya juga sejuk dingin. Terdapat sebuah pura namanya Pura Ulun Danu yang lokasinya ada di pinggir danau yang membuat pemandangan jadi terlihat makin cantik, berlatar belakang perbukitan hijau, sungguh mempesona, tak heran jika obyek wisata ini menjadi salah satu dari ikon pariwisata di Bali. Pada saat berkunjung ke pulau Bali maka objek wisata danau Bedugul atau danau Beratan ini termasuk sebagai salah satu yang wajib untuk dikunjungi.

Pura di Bali
Pura Ulun Danu di area Danau Batur yang indah

Liukan Persawahan di Tegalalang

Destinasi wisata berikut ini juga tergolong cukup populer di Bali, terutama di kalangan para turis mancanegara. Sehingga bisa menjadi alternatif tempat kunjungan wisata di Bali selain ke pantainya. Lokasi ini dikenal juga dengan sebutan Ceking Rice Terrace, yang menyajikan pemandangan alam lokasi persawahan menghijau yang memiliki bentuk yang unik dan khas  berundak ataupun berteras, areal persawahan ini adalah areal terasering. Bentuknya yang indah dan unik mengikuti lekuk lembahnya yang miring, banyak menarik minat para wisatawan dan banyak yang ingin berfoto berlatar belakang tempat ini. Warna persawahan tersebut kadang juga menguning ketika tiba saat jelang panen padi. Pada kawasan persawahan Tegalalang ini juga terdapat jalur untuk trekking, sehingga wisatawan bisa masuk dan juga menyusuri pematang sawah, serta mengenal dengan lebih dekat kegiatan menanam padi dan juga mengenal dan mempelajari teknik pengairan yang dikenal dengan nama subak di Bali. Para wisatawan dapat menyaksikan  aktivitas para petani saat membajak sawah atau ketika sedang menanam padi, dan bisa juga turut mencoba melakukannya.

Desa Wisata di Bali
Keindahan Pemandangan Persawahan di Tegalalang

Tukad Melangit, Antungan

Di tempat ini terdapat spot foto berlatar belakang jurang, cukup menguji adrenalin namun cukup aman, terdapat petugas yang berjaga dan mengawasi keamanan para pengunjung yang berfoto di tepi jurang, dengan pemandangan langit biru dan aneka pepohonan lebat menghijau di bagian bawahnya. Lembah yang ada di Banjar Antugan, Jehem, Kabupaten Bangli ini memang mempesona hati. Tiket masuknya juga terjangkau, yakni hanya 10 ribu Rupiah saja bagi dewasa dan 5 ribu Rupiah untuk anak-anak. Terdapat anjungan menjorok ke arah jurang sepanjang sekitar 5 meter di ketinggian sekitar 300 meter sebagai tempat uji nyali berfoto di tepi jurang.

Tukad Melangit
Keindahan Spot Selfie di Tukad Melangit dengan latar Pemandangan Jurang yang hijauh

Kintamani

Dataran tinggi Kintamani tak kalah indahnya. Tur di Kintamani akan mengajak para wisatawan ke sebuah desa yang lokasinya ada di tepi kaldera Gunung Batur yang namanya Desa Penelokan, lalu menyaksikan keindahan danau bulan sabit dan juga pemandangan gunung Batur berikut dengan lembahnya yang mempesona. Kawasan ini berhawa dingin sejuk segar. Nuansa alamnya sangat jauh berbeda dengan nuansa di pantai. Usahakan agar berkunjung di tempat ini pada saat siang hari, ketika cerah cuacanya sehingga pemandangan alamnya yang indah dapat terlihat seluruhnya dengan jelas.

Danau Batur
Keindahan Danau Batur yang wajib dikunjungi saat ke Bali

Danau Buyan

Lalu ada danau Buyan yang merupakan danau terbesar ketiga di Bali setelah danau Beratan dan danau Batur. Lokasinya ada di desa Pancasari, kecamatan Sukasada, Buleleng Bali. Terdapat anjungan berbentuk bintang yang bisa menjadi spot berfoto dengan berlatar belakang air danau ini. Sangat indah sekali.

Danau Buyan
Kecantikan Danau Buyan yang tidak kalah dengan Danau Batur dan Danau Beratan

Air Terjun Sekumpul atau Air Terjun Grombong

Bali juga memiliki air terjun. Air terjun di tempat ini cukup unik karena terdiri dari 7 buah air terjun yang lokasinya saling berdekatan sehingga terlihat seperti menggerombol. Penduduk setempat menamai air terjun Sekumpul ini dengan nama air terjun Grombong. Lokasi air terjunnya di lembah sungai sehingga perlu menyusuri tangga guna mencapainya. Alamatnya ada di desa Lemukih, Buleleng, Bali Utara.

Air Terjun Sekumpul Bali
Keindahan Air Terjun Sekumpul yang bisa digunakan untuk prewedding di bali

Air Terjun Gitgit

Ada juga air terjun Gitgit di Buleleng, Singaraja. Air terjun ini ada di tebing tertinggi di Bali Utara. Berlokasi di Singaraja, akses jalan ke gitgit cukup menantang untuk wisatawan. Namun semua akan terbayar ketika melihat keindahan Air Terjun terbesar di Singaraja tersebut. Jika debit air rendah hingga sedang, pengunjung diijinkan untuk berenang. Namun jika debit air tinggi, hal tersebut akan dilarang karena akan membahayakan wisatawan.

Air Terjun Gitgit
Air Terjun Terbesar yang ada di Singaraja

Air Terjun Kanto Lampo

Lalu yang cukup mudah dijangkau ada air terjun Kanto Lampo yang berjarak 3 kilometer dari pusat kota Gianyar. Terdapat juga gua berukir wajah Hanoman di tempat ini yang konon sering menjadi tempat berunding para pejuang kemerdekaan Indonesia. Tarif tiket masuknya 15 ribu Rupiah per orang dan buka 24 jam.

Air Terjun kanto lampo Bali
Di Bandung? Bukan, ini air terjun kanto lampo yang ada di gianyar

Monkey Forest di Ubud

Monkey Forest Ubud atau dikenal dengan Mandala Wisata Wenara Wana Hutan ini dipenuhi dengan kawanan monyet yang cukup jinak dan sering mengelilingi wisatawan untuk meminta makanan. Para wisatawan juga bisa berfoto bersama mereka. Terdapat juga 3 buah pura di tempat ini. Harga tiket masuknya adalah 80 ribu Rupiah per orang untuk dewasa dan 60 ribu Rupiah untuk anak-anak.

mandala wisata wenara wana
Monkey forest Ubud atau dikenal dengan mandala wisata wenara wana

Goa Gajah

Lalu ada juga goa Gajah di desa Bedulu, Gianyar, Bali, yang terdapat ukiran wajah pada bagian pintu masuknya sehingga seakan-akan tertelan masuk ke mulutnya pada saat memasuki gua ini. Pintu masuk tersebut hanya cukup untuk masuk satu orang, jadi harus bergantian masuknya. Nama Gajah sendiri diduga berasal dari lontar NegaraKertagama guna menyebut tempat ini yang menjadi tempat bertapa para biksu, Lwa gajah. Perlu diperhatikan, ada aturan yang harus dipatuhi jika ingin masuk ke Goa Gajah, seperti: Tidak Boleh menggunakan celana pendek diatas lutut, untuk wanita yang sedang menstruasi tidak diijinkan masuk. Jika memang sedang berkunjung tapi dengan menggunakan celana pendek, didepan kamu akan ditawarkan untuk menyewa kain panjang untuk menutup bagian bawah.

Goa Gajah Bali
Goa Gajah Bali

Ladang Bunga Gemitir atau Marigold di Desa Temukus

Lokasi wisata ini sangat cantik menjadi latar belakang berfoto karena dipenuhi dengan hamparan bunga Marigold atau yang oleh penduduk lokal setempat disebut sebagai bunga Gemitir. Bunga-bunga berwarna kuning jingga tersebut sengaja ditanam untuk keperluan pemujaan ibadah, berfoto di kebun bunga ini gratis, hanya perlu meminta ijin saja kepada pemilik ladangnya dan usahakan agar tidak merusak bunga-bunganya. Di dekat lokasi ini juga ada padang Kasna yang dipenuhi hamparan bunga-bunga putih Kasna. Di dusun Junggul, Besakih, Karangasem ini bisa berfoto di hamparan bunga yang dijuluki sebagai Edelweisnya Bali dengan latar belakang Gunung Agung  yang bisa terlihat dengan jelas dari tempat ini.

Ladang Bunga Gemitir
Spot di Ladang Bunga Gemitir Bali, sangat cocok untuk yang suka fotografi

Selain beberapa tempat tersebut juga bisa mengunjungi museum di Bali, atau ke tempat perbelanjaan, ataupun melakukan arung jeram di sungai Ayung, Ubud atau di sungai Telaga Waja, Karangasem, atau mengunjungi kawasan patung GWK (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park) dan lain sebagainya. Jadi kamu punya opsi lain jika berkunjung ke Bali tapi tidak ingin mencari Pantainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *