Kebun Raya Bali, Wisata Bedugul Yang Pas Dinikmati Bersama Keluarga

3 min read

Kebun Raya Bali

Bali Trilogy – Tahukah kamu bahwa saat ini, ada 1 spot wisata Bedugul, yang cukup terkenal, dan juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Kebun Raya Bali. Seperti namanya kebun raya yang ada di Indonesia, maka di tempat ini kamu akan menemukan aneka macam pepohonan hijau yang cantik. Namun yang membedakan kebun raya yang satu ini dengan kebun raya lainnya yang ada di Indonesia, adalah desainnya, serta letaknya yang terbilang strategis. Ini yang membuat banyak wisatawan merasa betah ketika berada di tempat ini.

Lokasi dan rute ke Kebun Raya Bali

Sebelum membahas lebih dalam tentang objek wisata Bedugul yang satu ini, ada baiknya jika kamu mengetahui dimana lokasi objek wisata itu sendiri. Terletak di Jl. Raya, Candikuning, Baturiti, kab. Tabanan – Bali. Jika dilihat dari jaraknya, terutama dari kisaran bandara Internasional Ngurah Rai, yaitu sekitar 63 km, atau sekitar 1 jam 14 menit perjalanan. Jika dari tempat wisata Lovina, Singaraja, Buleleng, jaraknya sekitar 40 km.

Untuk sampai ke lokasi ini, para wisatawan dapat menggunakan berbagai macam alat transportasi, seperti menyewa kendaraan, baik rental motor atau mobil. Cara lainnya adalah dengan naik taxi atau alat transportasi umum lainnya. Mengingat lokasinya yang terbilang strategis, maka untuk menemukan lokasi wisata tersebut, tidak terlalu sulit. Kamu yang menggunakan kendaran sewa, lengkap beserta sopirnya, tentu tidak perlu khawatir akan hal ini. Sedangkan untuk kamu yang membawa kendaraan sendiri, juga tidak perlu khawatir, karena papan petunjuk yang ada cukup jelas, atau bahkan kamu dapat mencarinya di peta online.

Hutan Pinus di Kebun Raya Bedugul
Hutan Pinus di Kebun Raya Bedugul

Daya Tarik Kebun Raya Bedugul

Tentunya saja, Kebun Raya Bali, yang bernama Lengkap Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali ini, mempunyai daya tarik yang berbeda dengan kebun raya lainnya yang ada di Indonesia, antara lain :

  • Kebun raya yang diresmikan oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo ini, memang merupakan kebun raya pertama yang didirikan oleh seorang putra bangsa. Menempati lahan seluas 50 hektar, nama kebun raya Bali ini sebenarnya bernama Eka Karya, yang mempunyai makna, Kebun Raya Pertama di Indonesia hasil kerja Bangsa Paksa Merdeka. Seiring berjalannya waktu, area kebun raya ini semakin meluas, hingga 157. 5 hektar. Dengan itu pula, maka fungsi awalnya sebagai kebun raya, berubah menjadi konservasi tanaman.
  • Tanaman yang dikonservasikan ini tetap, yaitu tanaman dengan daun berjarum, yang beberapa diantaranya didatangkan langsung dari Kebun Raya Bogor, dan Kebun Raya Cibodas.
  • Sebenarnya tidak hanya koleksi tanaman dengan daun berjarum saja yang dimiliki oleh kebun raya tersebut. Koleksi tanaman yang ada pun juga sudah dikelompokkan berdasarkan kekerabatannya. Tercatat, tidak kurang dari 2.000 spesies tanaman yang telah dilestarikan dan juga dibudidayakan dalam kebun raya tersebut. Koleksi tanaman yang ada, selain berasal dari Jawa Barat, ada juga aneka tanaman khas dari kawasan Pegunungan di Indonesia Timur, seperti Bali, Nusa Tenggara, pulau Sulawesi, dan yang lainnya. Adapun koleksi tanaman yang dimaksud, antara lain tanaman anggrek, kaktus, paku/pakis, tanaman karnivora, bambu, koleksi lumut, begonia, dan masih banyak lagi tanaman lainya. Ada juga koleksi tanaman lain, yang juga dibudidayakan di tempat ini, terutama aneka tanaman yang digunakan untuk upacara adat, seperti marigold, bunga Kasna, dan yang lainnya.
  • Dengan banyaknya koleksi tanaman serta desain lokasi kebun yang ada, maka tempat ini, mempunyai 4 macam fungsi, yaitu, sebagai tempat untuk mengeksplorasi, penelitian dan juga Inventarisasi, rekreasi, konservasi, dan juga sebagai sarana pendidikan.
  • Kebun raya ini juga berlokasi di ketinggian sekitar 1.250 hingga 1.450 mdpl. Sehingga suhu rata-rata di tempat ini sekitar 18 hingga 20 0C, setiap harinya. Membuat kelembaban di tempat ini jadi terbilang tinggi, bahkan hingga 90%. Wisatawan yang berasal dari perkotaan, pasti akan sangat menyukai kawasan yang satu ini.

Fasilitas wisata di Kebun Raya Bedugul

Adapun untuk fasilitas wisata yang ada di tempat ini terbilang cukup lengkap, dan pastinya membuat para pengunjung merasa sangat nyaman. Fasilitas yang dimaksud, antara lain laboratorium, perpustakaan, herbarium, adanya pemandu, ruang meeting, toko souvenir, tempat beribadah, toilet yang bersih, penginapan yang nyaman dan yang lainya.

Anda yang merasa lapar, juga tidak perlu khawatir, karena di tempat ini, ada beberapa pedagang yang menjual aneka kuliner menarik, dan pastinya khas daerah setempat. Demikian pula dengan masalah penginapan, yang memang beberapa diantaranya tidak jauh dari kebun raya tersebut.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bedugul

Jam buka dan harga tiket masuk Kebun Raya Bedugul

Waktu operasional dari objek wisata yang satu ini setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Sedangkan untuk harga tiket masuk kebun Raya Bedugul ini, terbilang beragam.

  • Tiket masuk untuk wisatawan domestik sekitar Rp 10.000 per orang. Hal ini berlaku baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.
  •  Tiket masuk untuk wisatawan asing sekitar Rp 20.000 per orang. Hal ini berlaku untuk anak-anak hingga dewasa.
  • Untuk menggunakan kendaraan keliling kebun, dikenakan tarif sekitar Rp 15.000 per orang.
  • Tiket parkir motor , sekitar Rp 3.000 per motor.
  • Tiket parkir mobil, sekitar Rp 6.000 per mobil
  • Tiket parkir bus, sekitar Rp 11.000 per bus.

Objek wisata terdekat dari Kebun Raya Bedugul

Selain Kebun Raya Eka Karya Bedugul, masih ada objek wisata menarik lainnya yang dapat kamu kunjungi di kawasan Tabanan – Bali tersebut, seperti :

Ini adalah sebuah pura cantik dan menarik yang berada di tengah danau Beratan. Lokasi tepatnya ada di Jl. Bedugul – Singaraja, Candikuning, Baturiti, kab. Tabanan – Bali.

  • Danau Beratan

Danau Beratan sendiri adalah salah satu nama danau yang ada di kawasan Tabanan. Selain memiliki danau yang cantik, dan tepat di tengahnya terdapat sebuah pura yang juga cantik. Para wisatawan juga dapat melakukan beberapa aktivitas wisata lainnya, seperti berperahu keliling danau, dan juga mancing di pinggir danau.

  • Jatiluwih

Ini adalah objek wisata terasering yang ada di kawasan Tabanan. Jatiluwih Bali, sendiri berlokasi di kawasan Penebel, Kab. Tabanan – Bali. Di tempat ini para wisatawan tidak hanya menemukan panorama sawah terasering, namun juga pemandangan Batukaru, yang cantik.

  • Handara Golf & Country Club

Bagi Anda yang suka bermain golf, maka ini akan menjadi lokasi yang tepat. Selain memiliki area yang luas, panorama di tempat ini juga sangat indah.

  • Danau Buyan

Selain danau Bratan, ada lagi danau cantik yang dapat kamu kunjungi, tepatnya di Jl. Sugriwa Dasong pancasari no 4. Lokasi danau ini, dapat kamu lihat secara langsung dari pinggir jalan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pura Ulun Danu Beratan.

Kamu yang mempunyai waktu wisata selama 1 hari di kawasan Tabanan, tidak ada salahnya jika memasukkan objek wisata Bedugul yang disebutkan di atas. Terutama Kebun Raya Bali yang cantik. Pas sebagai tempat rekreasi keluarga, sekaligus memberikan pengetahuan tentang aneka tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *