Tirta Gangga Bali: Sejarah, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk!

1 min read

Tirta Gangga Bali

Bali Trilogy – Kamu suka berkunjung ke istana air dan menikmati keasrian air mancur serta pemandangan alam nan indah memukau di sekelilingnya? Kalau begitu kamu mesti mengunjungi Tirta Gangga Bali! Obyek wisata satu ini bisa kamu temukan di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem yang berada di bagian timur pulau Bali. Berjarak cukup jauh dari Kuta, kamu harus menempuh sekitar 2 jam 30 menit buat sampai ke Tirta Gangga ini dengan menggunakan mobil.

Sejarah Tirta Gangga

Bermula dari keinginan untuk memberikan penghormatan ke masyarakat Hindu Bali, maka Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung, mendirikan istana air pada tahun 1948. Istana air tersebut kemudian dikenal dengan nama Tirta Gangga, dimana Tirta mempunyai arti air suci dan Gangga diambil dari nama sungai di India. Pada tahun 1963, Taman Tirta Gangga ini sempat hancur akibat letusan Gunung Agung, namun Pemerintah Kabupaten Karangasem merenovasinya dan menjadikannya sebagai kawasan wisata.

Taman Tirta Gangga

Lokasi taman ini yang berada di tengah persawahan menawarkan pemandangan alam indah yang tidak bakal terlupakan disertai dengan udara yang masih sejuk. Seakan menghipnotis kamu sekaligus menenangkan pikiran yang penat dengan sibuknya aktivitas kamu. Kamu bukan cuma bisa menikmati kebun yang ada, namun juga kolam renang, kolam hias serta air mancurnya dan juga berbagai bentuk patung yang tersebar di sana. Dijamin hati kamu bakal merasa nyaman dan tentram setelah menghabiskan waktu luang kamu sejenak di sana.

Di bangunan tertingginya ada Mata Air Rejasa yang terletak di bawah pohon beringin. Airnya terasa sejuk hingga masyarakat lokal menganggapnya sebagai air suci, bahkan memakainya dalam upacara keagamaan. Pasokan mata air tersebut dua per tiganya digunakan buat mengisi kolam dan mengairi persawahan sekitar. Sementara sepertiganya dipasok ke rumah-rumah warga sekitar di Kota Amlapura yang merupakan ibukota Karangasem. Jadi sumber mata air ini sangatlah penting keberadaannya, karena bukan hanya berfungsi buat pariwisata, namun juga menghidupi warga sekitar, bahkan untuk upacara keagamaan.

Kalau kamu juga mau merasakan kesejukan air dari sumber Mata Air Rejasa di Tirta Gangga ini, bisa lho. Karena ada fasilitas Kolam Air Sanin di sana. Sembari berenang di air yang sejuk dan jernih, kamu juga bisa sekalian menikmati udara segar khas Karangasem yang masih murni bebas polusi.

Nah, buat kamu yang suka menyimpan kenangan tempat indah dengan memfotonya, sangat bisa juga. Cukup pergi ke bagian tengah Taman Tirta Gangga dan temukan daya tarik utamanya. Kamu bakal temukan dua kolam kecil yang mengapit kolam besar dilengkapi dengan patung-patung dewa dewi nan megah dan air mancur 11 tingkat yang cantik bernama Nawa Sanga. Dijamin foto-foto yang kamu ambil pasti instagramable deh.

Taman Tirta Gangga
Taman Tirta Gangga (credit: Wanders and Warrior)

Jam Buka Taman Tirta Gangga

Taman Tirta Gangga dibuka untuk umum dari pukul 08.00 hingga 18.00 setiap harinya. Kebanyakan wisatawan memilih buat mengunjungi Taman Tirta Gangga ini pukul 12.00 hingga 16.00 dan habiskan bisa sampai lebih dari satu jam di sini.

Tiket Masuk Tirta Gangga

Berminat buat kunjungi Taman ini? Tidak mahal kok, cuma membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per orang kamu bisa menikmati keindahannya. Tapi kalau kamu putuskan mau berenang, ada tambahan biaya ya. Jangan khawatir, masih sangat terjangkau kok. Hanya membayar Rp. 10.000 per orang saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *