Spot Wisata di Ubud Bali yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

4 min read

Tempat Wisata Ubud

Bali Trilogy – Berbicara mengenai pulau Bali memang tidak akan ada habisnya karena setiap titik memiliki banyak daya tarik terutama dalam bidang pariwisata. Di kabupaten Gianyar, Bali, khususya kecamatan Ubudini memiliki sejumlah spot wisata menarik yang akan membius mata pelancong.

Inilah daftar Tempat Wisata Ubud yang wajib kamu kunjungi!

  1. Mandala Wisata Wenara Wana

Mandala Wisata Wenara Wana adalah sebuah wisata alam yang dikenal juga dengan Monkey Forest Ubud atau hutan kera. Wisata alam ini sangat sejuk dan rimbun serta dihuni berbagai kera yang diliarkan. Kamu yang masuk ke sini ada baiknya membawa makanan cadangan untuk kera yang nantinya mengikuti perjalanan kamu. Perlu diperhatikan ketika masuk ke hutan ini karena termasuk tempat sakral sehingga semua aktivitas yang berbau negatif termasuk bicara kotor tidak akan diperbolehkan.

mandala wisata wenara wana
Monkey forest Ubud atau dikenal dengan mandala wisata wenara wana

Ada satu trik agar kamu tidak diganggu oleh ribuan kera, datanglah pada jam 14.00 saat semua kera sudah merasa kenyang maka mereka tidak akan terlalu agresif. Tetapi, kamu harus tetap hati-hat dengan primata yang satu ini karena sedikit bau pada tubuhmu akan didekati. Wana ini ada di Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud, Bali.

  1. Puri Ubud

Mengunjungi Kecamatan Ubud jangan sampai melewatkan Puri Agung Ubud yang merupakan salah satu cagar budaya Bali. Puri ini dahulunya kerajaan Bali yang kini masih aktif untuk dipakai pertunjukkan karya seni. Beberapa keturunan dari kerajaan Ubud masih tinggal di puri ini guna melestarikan peninggalan dari leluhurnya. Beberapa bagian dari Puri Ubud ini sekarang dijadikan hotel dan beberapa masih dijaga keasliannya. Lokasi puri ini ada di Jalan Raya Ubud dan dekat dengan pasar tradisional Ubud. Di depan puri ada lahan yang biasanya dipakai acara pertunjukkan tarian dan teater cerita pejuang Bali dalam melawan penjajah. Tiket masuk untuk menonton pementasan tari bali di ubud adalah 75 ribu – 100 ribu untuk wisatawan lokal ya. Biasanya pementasan akan mulai pukul 7 malam.

Puri Ubud
Puri Saren Ubud yang biasa digunakan untuk pementasan tari bali pada sore hari
  1. Agung Rai Museum

Bali sangat kental dengan budaya khasnya maka tidak heran jika aura hindu dan mistisnya masih sangat kental sekali. Salah satu bentuk budaya yang diaplikasikan dalam karya seni Bali yaitu Agung Rai Museum atau sering dikenal dengan ARMA. Museum ini menyediakan berbagai jenis lukisan, kerajinan dan pertunjukkan yang begitu apik. Pendiri dari museum ini bernama agung rai, seorang penduduk asli Bali yang mendedikasikan hidupnya untuk memperdalam seni Bali. Ada karya seni legendaris yang dipajang di museum ini Karya I Gusti Nyoman Lempad.

Agung Rai Museum
Agung Rai Museum dengan keunikan lukisan dan karya seni lainnya yang bisa kamu nikmati

Museum ini bisa juga dipakai sebagai tempat santai karena memiliki perpustakaan dan ruang baca khusus. Kamu tidak perlu kemana-mana dalam mempelajari kebudayaan Bali, cukup masuk ke sini dan dapatkan semua ilmunya.

  1. Pasar Seni Ubud

Jika kamu masuk ke kota Ubudnya maka jangan lupa mampir di Pasar Seni Ubud, kamu bisa belanja semua keperluan oleh-oleh khas Bali. Warga Bali yang ada di desa kebanyakan berprofesi sebagai perajin souvenir khas Bali, kerajinan mereka kemudian di titipkan ke toko atau berkeliling. Untuk kamu yang ingin mendapatkan harga sedikit lebih miring bisa kok beli dari pedagang kerajinan yang berkeliling. Tawar menawar barang juga biasa terjadi, namun jika di toko kamu akan kesulitan menawar ya. Kawasan pasar Ubudini pernah menjadi salah satu tempat syuting film Eat, Pray And Love yang dibintangi artis Hollywood Julia Robert.

Pasar Seni Ubud
Pasar Seni Ubud dengan kearifan lokal dan keramahan masyarakat sekitar yang sangat kental
  1. Pura Saraswati

Di Pura Saraswati ini kamu bisa melihat pementasan tari kecak yang tampil setiap hari kamis jam 19.30. Tari kecak adalah tarian khas Bali yang sering diperlihatkan. Hal unik dari pementasan tari kecak ini adalah area dikelilingi kolam teratai dan menghadap ke lautan lepas. Aksi tari kecak yang disertai api membawa membuat kamu lebih masuk ke dalam budaya Bali. Kelincahan gerakan tari kecak ini bisa membuat penonton ikut menggerakkan badan.

Pura Taman saraswati
Salah satu Pura Ikonik di Bali selain Pura Ulun Danu yang paling sering dikunjungi wisatawan
  1. Museum Puri Lukisan

Museum tertua di Bali ada di Museum Puri Lukisan yang ada di Kecamatan Ubud, Bali. Museum ini menyajikan banyak lukisan dan karya seni dari kayu. Tiket masuk ke museum ini Rp. 75.000 per orang dengan aturan khusus yaitu remaja yang usianya di bawah 15 tahun dan datang bersama orang tuanya tidak akan dikenanakan biaya. Tetapi, untuk orang tua yang mendampingi tetap dikenakan biaya. Pemandangan di sekitar museum ini sangat asri dan kamu tidak diperkenankan membawa bekal terlalu banyak karena bisa mengotori lingkungan. Disini juga ada restaurant yang bisa kamu coba loh. Makanannya tergolong enak dan harganya tidak menguras kantong, tapi hanya buka hingga pukul 5 sore.

Museum Puri Lukisan
Museum Puri Lukisan Ubud
  1. Istana Tampak Siring

Istana Tampak Siring adalah sebuah tempat peristirahatan khusus untuk Presiden RI yang dipakai ketika mengunjungi Bali dan sekitarnya. Pembangunan istana ini sudah dimulai saat Presiden Pertama RI dan masih dipakai hingga saat ini. Pada bagian depan terdapat gapura yang berdiri megah dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Dahulunya istana ini merupakan Wisma Merdeka dan Wisma Yudistira tetapi mengalami perubahan dan dijadikan istana untuk presiden dan keluarganya. Pemekaran area bangunan masih terus berlanjut untuk menerima berbagai keperluan negara seperti tamu dari rapat Asia dan sejenisnya.  Namun sayangnya sekarang tidak ada wisatawan yang boleh masuk karena alasan tertentu. Tempat ini hanya digunakan oleh keluarga keturunan Presiden Soekarno.

Istana Tampak Siring
Istana Tampak Siring milik Presiden Soekarno
  1. Resto Bebek Bengil

Saat datang ke Ubud jangan sampai terlupa mengunjungi Restoran Bebek Bengil Ubud yang begitu enak dengan bebek krispinya. Restoran ini menyediakan olahan bebek yang terkenal bebek krispi sambal khas Bali. Berlokasi di Jalan Hanuman, Padangtegal, Kecamatan Ubud Gianyar, Bali. Restoran ini sudah berdiri dari tahun 1990 dan masih saja awet dengan rasa khanya yang digemari oleh lidah pelancong dari seluruh dunia. Menu Resto bebek bengil mulai dari 50 ribu hingga 200 ribu ya.

Resto Bebek Bengil Ubud
Resto Bebek Bengil dengan keunikan pemandangan sawahnya
  1. Tirta Empul

Tirta Empul ini adalah pemandia yang masih terjaga hingga saat ini. Siapapun yang mandi di sini akan merasa tenang dan lebih baik karena dipercaya membawa aura positif. Untuk mencoba pemandian di sini bisa masuk ke desa tampak siring yang berada 20 km dari timur laut Ubud. Saat mandi jangan mengucapkan kalimat yang kotor ya karena bisa jadi terkabul. Jika kamu berkunjung pada hari-hari tertentu, tempat ini akan dipadati oleh masyarakat Hindu yang ingin membersihkan diri. Tiket masuk tirta empul hanya 10 ribu rupiah. Dan disarankan untuk menggunakan kain bawahan. Jika kamu tidak punya atau lupa membawa kain bawahan, terdapat penyewaan kain yang ada di loket dengan bayaran seiklasnya.

Tirta Empul
Tirta Empul, tempat pembersihan jiwa bagi masyarakat Hindu Bali
  1. Gunung Kawi

Gunung Kawi yang ada di Ubud Bali berbeda ya dengan Gunung Kawi di Jawa Timur karena merupakan situs peninggalan sejarah makam. Sebutan Gunung Kawi sendiri mengacu pada pembuatan candi setinggi 7 meter sebagai penghormatan kepada Raja Anak Wungsu dan keluarganya. Area ini sangat suci sekali maka ketika masuk kamu harus melepas alas kaki dan memakai sarung khas Bali agar selamat dan tidak terjadi hal aneh.

Pura Gunung Kawi
Pura Gunung Kawi

Itulah 10 spot wisata di Bali yang sangat terkenal khususnya di Desa Ubud, Gianyar, Bali. Masih banyak lho spot menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi dan masuk dalam daftar traveling liburan tahun depan. Perlu di ingat, selama fase COVID-19, beberapa objek wisata di Bali di tutup oleh pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *