Ini Dia 3 Tempat Wisata di Denpasar yang Penuh Sejarah

3 min read

Monumen Bajra sandhi

Bali Trilogy – Siapa yang tidak mengenal Bali? Bali dengan keindahan alam dan kebudayaannya menjadi magnet wisata untuk Indonesia. Bukan hanya dikalangan wisatawan lokal, tapi juga mancanegara. Saking banyaknya destinasi wisata yang dituju, rasa-rasanya nggak ada habisnya kalau ngomongin soal pulau dewata. Saat kamu datang ke Bali, salah satu kota yang wajib untuk dijelajahi adalah Denpasar. Ibukota Provinsi Bali ini tidak hanya menjadi pusat dari kegiatan bisnis dan pemerintahan saja lho. Tapi juga tujuan wisata yang kian ramai dikunjungi.

Kira-kira tempat mana saja sih yang harus dikunjungi saat berada di Denpasar?

Tempat Wisata di Denpasar Bali

Denpasar tak pernah kehabisan tempat untuk memanjakan wisatawan. Di sini ada banyak tempat wisata bersejarah yang cocok banget kamu kunjungi. Karena kental dengan nilai sejarah dan unsur budaya, kamu bisa melihat perjuangan rakyat Bali yang turut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. Monumen Bajra Sandhi 

Monumen Bajra Sandhi jadi simbol perjuangan rakyat Bali melawan pejajah. Letaknya ada di tengah kota Denpasar. Kalau kamu berkunjung ke Bali via jalur udara, butuh waktu 30 menit perjalanan dari bandara menuju tempat wisata yang satu ini. Begitu sampai di tempat ini, kamu akan menjumpai arsitektur khas Bali yang banyak pahatan dan ukiran unik. Saking uniknya, monumen ini terlihat seperti Pagoda buat wisatawan China, Korea, hingga Jepang. Nggak cuman itu aja, Monumen Bajra Sandhi punya 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar utama, dan monumen yang tingginya mencapai 45 meter. Dan ternyata, semua angka-angka itu melambangkan kemerdekaan Indonesia.

Monumen Bajra sandhi
Salah satu tempat wisata di denpasar yaitu Monumen Bajra sandhi

Saat berkunjung ke Monumen Bajra Sandhi, selain menjelajahi monumen, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah bermain sepeda, jalan santai, sampai senam dan yoga di taman sekitar monumen. Masih di tempat yang sama, kamu bisa berkunjung ke museum 3D I AM Bali yang ada di lantai dasar monumen. Di ruangan luas ini kamu akan disuguhi gambar 3 dimensi dengan tema beragam, termasuk kebudayaan Bali.

Kalau kamu masuk lebih dalam, ada 4 anak tangga yang akan membawamu ke lantai dua. Di lantai dua adalah tempat yang cocok buat kamu yang ingin belajar sejarah rakyat Bali. Mulai dari masa pra sejarah, perkembangan kerajaan Bali, hingga perjuangan rakyat Bali dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Naik ke lantai tiga kamu akan disuguhi pemandangan kota Denpasar yang bisa dilihat dari jendela kaca. Jadi selain belajar sejarah, kamu tetap bisa menikmati pemandangan kota Denpasar. Paket komplit deh pokoknya.

  1. Museum Bali 

Tempat wisata di Denpasar selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Museum Bali. Di tempat ini kamu akan menemukan koleksi seni yang punya nilai sejarah terkait kebudayaan Bali.

Koleksi dari museum yang punya arsitektur khas Bali ini diantaranya adalah koleksi etnografika seperti peralatan yang banyak dipakai saat zaman pra sejarah, perkembangan budaya dan seni Bali dari masa ke masa, hingga peralatan yang sering dipakai dalam upacara adat dan keagamaan.

Berkunjung ke museum ini kamu akan dibawa berwisata menjelajahi Bali lewat beberapa paviliun yang ada. Seperti paviliun Tabanan yang menyuguhkan kesenian seperti topeng, wayang kulit, patung kuno, kostum tari, dan benda-benda etnografi. Sedangkan dari segi arsitektur, paviliun Tabanan yang terletak di bagian utara museum ini punya gaya arsitektur khas Bali Selatan.

Jika kamu ingin menikmati bangunan khas Bali Timur, kamu bisa berkunjung ke paviliun Karangasem. Di sini kamu akan menemukan koleksi berupa lukisan, benda peninggalan jaman prasejarah, dan benda arkeologi. Tidak hanya itu, Museum Bali juga punya paviliun Buleleng dan paviliun terakhir yang letaknya di pintu masuk utama. Berkunjung ke paviliun Buleleng kamu akan menemukan arsitektur khas Bali Utara. Di sini juga terdapat koleksi seperti peralatan pertanian, nelayan, peralatan rumah tangga, dan peralatan yang berbahan dasar batu.  Sementara di paviliun terakhir, pada lantai dasar paviliun terdapat koleksi benda prasejarah dan jaman sejarah masyarakat Bali.

Arsitektur Museum Bali
Keindahan Arsitektur di Museum Bali, seringkali digunakan sebagai spot foto prewedding di Bali

Buat kamu yang punya ketertarikan di bidang sejarah, Museum Bali wajib masuk list tempat tujuan wisata selama di Bali. Kamu butuh waktu 45 menit dari bandara dengan kendaraan bermotor untuk sampai ke sini. Di hari Minggu-Kamis, Museum Bali buka dari pukul 08.00 WITA-15.00 WITA. Sedangkan di hari Jumat dari pukul 08.00 WITA-12.30 WITA. Museum bali juga merupakan salah satu spot favorit untuk prewedding di bali lho!

  1. Gong Perdamaian Kertalangu 

Satu lagi tempat menarik yang harus dikunjungi saat ke Denpasar. Yaitu taman Gong Perdamaian Kertalangu. Lokasi taman ini berada di tengah Desa Budaya Kertalangu. Berbeda dari dua tempat wisata sebelumnya, Gong Perdamaian Kertalangu terbilang belum lama, karena baru dibuat pada akhir 2002 lalu.

Gong Perdamaian Kertalangu
Gong Perdamaian Kertalangu

Sama seperti namanya, saat kamu berkunjung ke Gong Perdamaian Kertalangu, bukan hanya penampakan gong berukuran besar saja yang kamu dapatkan. Tapi juga patung tokoh-tokoh dunia yang berjasa dalam perdamaian dunia. Di antaranya adalah Mikhail Gorbachev, Willy Brandy, Mother Teresa of Clcutta, Marti Ahtisaari, Kofi Annan, Barrack Obama, dan presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Nggak usah takut bosan kalau datang ke Desa Budaya Kertalangu, karena di sini ada jogging track di areal persawahan, kolam pancing, industri dan kerajinan yang cocok dijadikan buah tangan, kegiatan outbond, pementasan seni dan budaya, sampai wisata naik kuda. Tiket Masuk Kertalangu mulai dari Rp.10.000, belum termasuk penyewaan alat pancing atau lainnya. Buat kamu yang berlibur bersama keluarga, tempat wisata yang satu ini jadi pilihan pas untuk dikunjungi.

Desa Budaya Kertalangu
Desa Budaya Kertalangu bukan sepenuhnya Desa Biasa, namun objek wisata yang sering dikunjungi untuk bersantai bersama keluarga

Tips Liburan ke Bali untuk Pemula 

Sebelum liburan kamu butuh tips yang tepat supaya jalan-jalanmu menyenangkan. Nah, buat kamu yang baru pertama liburan ke Bali, simak tips berikut ini deh biar liburanmu lancar.

  1. Cari waktu yang tepat

Pastikan kamu mencari tahu waktu dan musim yang tepat sebelum terbang ke Bali. Hal ini penting karena berpengaruh sama tiket pesawat dan hotel. Biasanya di bulan Juli dan Agustus pulau dewata diserbu banyak turis mancanegara yang sedang liburan musim panas. Akibatnya harga akan ikut melonjak.

Hindari juga berkunjung di musim hujan. Nggak mau kan liburanmu gagal total gara-gara hujan?

  1. Cari hotel dan penginapan yang tepat

Kamu bisa booking hotel sebelum berangkat ke Bali. Tapi, pastikan kamu mencari hotel dengan fasilitas yang memadai dan harga yang bersahabat di kantong. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhanmu ya.

  1. Transportasi selama di Bali

Biar liburanmu makin lancar, kamu bisa menyewa motor untuk menjelajahi Bali, Harga sewa motor harian di bali mulai dari 50 ribu hingga 100 ribu perhari tergantung jenis motornya. Tapi, kalau kamu datang bersama keluarga, menyewa mobil jadi pilihan yang tepat.

Nah, itulah tips liburan ke Bali untuk pemula dan 3 tempat yang wajib kamu kunjungi di Denpasar. Selamat Berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *