Taman Ujung Bali: Sejarah, Keunikan dan Harga Tiket Masuknya

2 min read

Taman Ujung Bali

Bali Trilogy – Kamu sudah pernah kunjungi Taman Ujung Bali? Kalau belum, sudah saatnya kamu luangkan waktu, rencanakan liburan ke Bali dan pergi mengunjunginya ya. Apalagi kalau kamu lagi mencari tempat foto pre wedding. Taman ini terkenal sebagai tempat favorit lho buat foto prewedding di bali, bahkan bukan cuma calon pengantin dari Bali saja.

Sejarah Taman Ujung Bali

Taman Ujung Karangasem didirikan tahun 1901 oleh Raja Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Agung Anglurah Ketut Karangasem. Awalnya dinamakan Kolam Dirah yang berarti kolam pembuangan. Soalnya dikhususkan buat orang yang menguasai ilmu hitam.

Namun di tahun 1909 arsitektur Belanda, Van Den Hentz dan arsitektur Tiongkok, Loto Ang dengan bantuan arsitektur Bali diperintahkan Raja Karangasem buat merenovasinya dan jadikan tempat peristirahatan buat Raja. Tapi bukan cuma buat tempat peristirahatan saja lho, sekalian buat Raja bersemedi dan menjamu tamu kerajaan. Pembangunan berlangsung hingga tahun 1921. Akan tetapi pada tahun 1963, Taman Ujung mengalami kerusakan parah akibat letusan Gunung Agung dan terbengkalai sejak itu. Barulah di tahun 2000 pemerintah Kabupaten Karangasem bersama Puri Karangasem merenovasinya kembali tanpa mengubah bentuk aslinya.

Harga Tiket Masuk Taman Ujung
Taman Ujung Soekasada Karangasem, Bali

Taman Ujung Bali

Buat mencapai kolam yang ada di taman ini kamu mesti siap mental dan fisik dulu ya. Soalnya ada 100 anak tangga yang mesti kamu naiki. Tapi bakal sepadan kok sama hasilnya nanti. Pemandangan indah memukau bakal menanti kamu di atas sana. Dimana hamparan laut biru serta pantai Ujung bisa terlihat di arah tenggara. Dan arsitektur Taman Ujung yang mempesona dan menawan hati di arah timur. Tidak kalah mempesonanya, barisan bukit hijau berbaris sepanjang bukit Bisbis di arah timur atas. Dijamin bakal membuat kamu lupa akan semua kesulitan hidup yang ada. Namun arsitektur Taman Ujung sendiri tidak kalah indahnya dari pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Dengan campuran arsitektur Bali dan Eropa jaman pertengahan, kamu seakan dibawa ke belahan dunia lain. Istana peristirahatan Raja Karangasem yang indah menawan dengan dinding dipenuhi kaca warna warni, seperti desain gereja Eropa.

Dan kolam penuh dengan bunga Lotus atau Tujung berwarna merah dan putih bisa terlihat dari jendela kamar peristirahatan Raja. Seakan membuktikan bahwa kamar tersebut memang layak dijadikan tempat peristirahatan Raja. Selain itu kamu juga bakal menemukan tiga kolam besar di taman ini. Dimana kamu bisa melihat Bale Bengong yang tidak berdinding di bagian tengah kolam bagian Selatan. Sementara di kolam Utara ada jembatan yang membantumu melintasi kolam. Dengan istana gantung di bagian tengah jembatan tersebut. Tapi jangan salah ya, istana itu tidak benar-benar menggantung, hanya terlihat seperti menggantung saja. Istana gantung itu dulu dipakai sebagai tempat peristirahatan Raja Karangasem.

Lokasi Taman Ujung

Kamu bisa temukan Taman Ujung ini di Banjar Ujung, Desa Tumbu. Tepatnya di Kabupaten Karangasem.

Jam Buka Taman Ujung Bali

Kamu bisa mengunjungi Taman Ujung ini setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 19.00. Jadi kapanpun kamu punya waktu luang, tidak ada salahnya buat kunjungi taman ini ya.

Harga Tiket Masuk Taman Ujung

Menarik bukan? Apalagi tiket masuknya juga masih sangat terjangkau alias tidak mahal. Cukup bayar dengan Rp. 15.000 per orang buat tiket masuk kalau kamu WNI. Buat WNA dibedakan, tapi jangan kuatir, masih tetap terjangkau kok. Hanya sediakan uang Rp. 50.000 per orang. Kalau kamu bawa mobil sendiri, maka perlu bayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Buat kamu calon pengantin yang mau foto prewedding di sini, ada biaya tambahannya ya. Kamu mesti bayar tiket masuk photo shooting sebesar Rp. 1.000.000. Tapi itu sudah mencakup buat semua kru lho. Jadi masih layak, kan? Apalagi mengingat pemandangan mempesona yang menanti. Tentu saja taman ujung karangasem merupakan salah satu spot foto prewedding di bali yang paling banyak di minati.

Spot Foto Prewedding di Bali
Salah satu spot Foto Prewedding di Bali yang paling diminati wisatawan lokal maupun asing

Nah, tunggu apalagi? Segera booking pesawat ke Bali dan kunjungi Taman Ujung Bali ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *