7 Pura di Bali Yang Paling Banyak Di Kunjungi Wisatawan

4 min read

Pura di Bali

Bali Trilogy – Salah satu julukan yang dimiliki oleh Bali adalah pulau seribu pura. Julukan ini diberikan lantaran di pulau tersebut, terdapat banyak sekali pura, yang digunakan oleh para umat Hindu, untuk beribadah. Lokasi tempat berdirinya pura tersebut juga cukup beragam, dan tersebar luas di seluruh daratan Bali. Namun dari sekian banyak pura di Bali, terdapat beberapa pura yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, lantaran terlihat unik, dan mempunyai panorama yang indah.

Pura di Bali Paling Populer dan Wajib Kamu Kunjungi

  1. Tirta Empul Bali – Tampak Siring 

Pura di Bali pertama yang akan dibahas adalah Pura Tirta Empul Bali. Berlokasi di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, kab. Gianyar – Bali. Karena berlokasi di sekitar Tampaksiring, maka pura tersebut, juga sering disebut dengan pura Tampaksiring. Pura yang lokasinya tidak jauh dari Istana Tampak Siring ini memang terbilang unik. Tidak seperti pura pada umumnya pura yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk beribadah, namun juga digunakan sebagai tempat melukat atau mandi.

Tirta Empul sendiri jika diterjemahkan, artinya air suci. Karena di dalam pura tersebut, terdapat sumber mata air alami, yang kemudian dialirkan ke luar area pura. Aliran ini pula yang nantinya dibentuk menjadi sebuah pemandian, lengkap dengan pancuran air. Sumber mata air ini, yang membuat pura ini terkesan unik, dibandingkan pura lainnya. Bagi masyarakat yang beragama Hindu di Bali, pancuran air yang berasal dari pura Tirta Empul ini, adalah air suci, yang diyakini membawa kesucian, ketenangan dan juga keberuntungan dan sering digunakan sebagai sarana Melukat atau Pembersihan Diri secara Spiritual.

Pura Tirta Empul
Pembersihan diri atau dikenal dengan kata Melukat di Pura Tirta Empul
  1. Pura Ulun Danu

Pura berikutnya adalah Pura Ulun Danu, yang berlokasi di bagian sisi barat danau Bratan Bedugul. Termasuk salah satu pura yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena pura yang satu ini memang cukup unik. Daya tariknya adalah, lokasi puranya yang berada di tengah danau, dan terlihat seperti mengambang. Jadi ketika Anda mengunjungi pura Ulun Danu tersebut, Anda juga akan menikmati danau Bratan yang cantik.

Panorama di pura ini memang sangat indah, berada di tengah danau, yang dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang cantik, dengan kebun yang tertata rapi, membuat kawasan ini sering tertutupi oleh kabut, yang juga membuat udaranya terasa sejuk.

Pura Ulun Danu
Salah satu foto Pura Ulun Danu Beratan yang sangat iconic
  1. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu ini berada di desa Pecatu, kec. Kuta Selatan, kab. Badung. Ini adalah pura yang lokasinya cukup strategis, karena berada di dekat kawasan wisata favorit para wisatawan, seperti kawasan pantai Pandawa, GWK, dan yang lainnya. Pura yang satu ini, memang terbilang unik, karena dibangun di ujung Batu Karang, itu sebabnya, pura yang satu ini mendapatkan julukan Pura Luhur Uluwatu. Dengan lokasi tebing yang cukup tinggi sekitar 70 m di atas permukaan laut.

Pura Uluwatu
Indahnya Pura Uluwatu di Pesisir Selatan Pulau Bali.

Seperti pantai Kuta, lokasi ini, juga jadi lokasi yang pas untuk melihat Sunset. Mengingat lokasinya ada di atas tebing dan tidak terhalang oleh apapun. Dipadu dengan panorama Samudra Hindia yang luas, membuat panorama yang tercipta jadi semakin eksotis. Adapun waktu untuk mengunjungi kawasan ini adalah pada sore hari, tepatnya sebelum matahari terbenam. Selain menikmati pura dan menikmati sunset, di kawasan ini, juga kerap kali digunakan sebagai lokasi pentas tari Kecak. Waktu pertunjukannya Kecak Uluwatu ini sekitar jam 18.00 hingga 19.00 WITA, dengan tiket sekitar 100.000 per orang.

Kecak Uluwatu
Tari Kecak yang biasanya dipentaskan di Panggung Pura Uluwatu saat Matahari Tenggelam
  1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot ini sendiri berlokasi di desa Beraban, kec. Kediri, kab. Tabanan. Apabila kamu berangkat dari kawasan Kuta, maka jaraknya sekitar 25 km. Di kawasan ini, tidak hanya pura yang dapat kamu kunjungi, tapi juga pantai. Lokasi serta desain pantai yang unik, serta lokasi pura yang juga unik, membuat objek wisata tersebut jadi sangat terkenal, baik pada saat musim liburan atau bukan. Yang menarik dari pura ini adalah dibangun di atas baru karang yang besar, dan berada di lepas pantai. Untuk masuk ke area pura, memang tidak mudah, hanya dapat dilewati pada saat air sedang surut, sedangkan ketika air sedang pasang, maka pura seperti berada di tengah laut. Waktu yang pas untuk mengunjungi lokasi tersebut adalah pada sore menjelang malam. Dimana di lokasi tersebut, kamu akan melihat matahari terbenam dengan siluet pura Tanah Lot yang cantik.

Keindahan Pura Tanah Lot
Keindahan Pura Tanah Lot

Untuk harga tiket masuk Tanah Lot, sendiri memang tidak terlalu mahal. Untuk kategori dewasa sendiri sekitar 20 ribuan rupiah, sedangkan untuk anak-anak sekitar 15 ribuan rupiah. Tentunya ini adalah tiket untuk wisatawan domestik, sedangkan tiket untuk wisatawan asing sedikit berbeda. Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk berwisata selama 1 hari di kawasan Bedugul dan sekitarnya, maka objek wisata selain Tanah Lot yang dapat dimasukkan antara lain, Pura Taman Ayun, Alas Kedaton dan yang lainnya.

  1. Pura Taman Ayun Mengwi

Pura berikutnya yang akan dibahas adalah Pura Taman Ayun Mengwi, lokasinya ada di Jl. Ayodya, Mengwi, kab. Badung – Bali. Seperti pura-pura sebelumnya yang dibahas, pura yang satu ini, termasuk salah satu pura yang cukup terkenal, dan juga sering dikunjungi oleh para wisatawan.  Taman Ayun sendiri artinya taman yang sangat indah, nama ini diberikan, karena pura ini mempunyai area halaman yang sangat luas, dengan desain taman yang juga cantik. Ditambah dengan desain tembok pagar khas Bali, membuat pemandangan pura ini tampak semakin cantik. Masuk ke bagian dalam, para wisatawan akan melihat kolam air, yang mengelilingi kawasan pura. Yang tidak banyak orang tahu adalah pura ini adalah salah satu contoh unik dari kombinasi arsitektur Bali dan juga arsitektur Tiongkok.

Pura Taman Ayun
Arsitektur Klasik di Pura Taman Ayun cukup memanjakan Pandangan wisatawan
  1. Pura Goa Lawah

Berada di Desa Pasinggahan, kec. Dawan, Kab. Klungkung – Bali, Pura Goa Lawah adalah pura berikutnya yang akan dibahas. Dengan jarak sekitar 40 km dari pusat kota Denpasar, pura ini dikenal oleh masyarakat sekitar, karena adanya pura yang terletak di mulut goa, dan di dalam goa terdapat sekumpulan kelelawar. Seperti namanya Pura Goa Lawah, yang berasal dari kata goa yang berarti goa dan Lawah yang berarti kelelawar. Walaupun demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan banyaknya kelelawar yang ada, karena binatang tersebut hanya akan keluar di malam hari.  Lokasi Pura ini berhadapan dengan Pantai, dan kamu juga bisa menemukan kuliner khas Klungkung di sekitar area Pantai.

Pura Goa Lawah
Pura Goa Lawah menawarkan sisi unik dan mistis secara bersamaan
  1. Pura Saraswati

Kali ini, pura yang berlokasi di kawasan Ubud, namanya adalah Pura Saraswati. Lokasi tepatnya ada di Jl. Kajeng, bagian utara Jl. Raya Ubud, tidak jauh dari Istana kerajaan Ubud, dan Museum Puri Lukisan Ubud. Seperti namanya, pura yang satu ini memang dipersembahkan sebagai tempat pemujaan untuk Dewi Saraswati atau Dewi Pengetahuan. Selain terkenal dengan dewi yang dipuja, lokasi ini juga terkenal akan kolam teratainya yang indah. Bunga teratai yang dapat dilihat di tempat ini adalah bunga berwarna merah muda. Dilengkapi dengan pohon kamboja di sekeliling kolam, jembatan yang menghubungkan dengan area luar pura, menuju gerbang utama, membuat pura yang satu ini terlihat sangat Indah, dan menarik untuk dikunjungi.

Pura Taman saraswati
Salah satu Pura Ikonik di Bali selain Pura Ulun Danu yang paling sering dikunjungi wisatawan

Dari ulasan tentang beberapa Pura di Bali di atas, adalah salah satu atau bahkan beberapa pura menarik menurut Anda, dan pas untuk dikunjungi pada kegiatan wisata ke Bali berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *