Sejarah dan Keunikan Pantai Jimbaran

1 min read

Pantai Jimbaran

Bali Trilogy – Kamu lagi merencanakan bulan madu? Cari pantai yang tawarkan suasana romantis dipadu dengan keindahan matahari terbenam? Pantai Jimbaran di Bali lah jawaban buat kamu!

Pantai Jimbaran

Pantai satu ini terkenal dengan suasana romantis nya lho. Bayangkan saja kamu dan pasangan bisa menikmati hidangan laut lezat beratapkan langit malam penuh bintang di pinggir pantai. Tidak bisa lebih romantis lagi dari itu bukan?

Tapi sebelum makan malam, tidak ada salahnya meluangkan waktu Bersama pasangan dengan menikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari. Kamu bisa menikmatinya sambil berjalan santai sepanjang pantai. Romantis bukan?

Sunset di Pantai Jimbaran
Sunset Romantis di Pantai Jimbaran

Nah, kalau kamu dan pasangan suka olahraga air, di siang harinya kamu bisa memilih berbagai olahraga air yang ditawarkan, walau tidak sebanyak pantai Tanjung Benoa. Kamu dan pasangan bisa luangkan waktu Bersama dengan snorkelling, bermain seluncur, atau sekedar berenang di pinggir laut. Tapi kalau kamu dan pasangan lebih menyukai ketenangan, maka bisa menikmati massage di pinggir pantai, atau sekedar duduk serta berbaring di hamparan pasir putihnya ya.

Buat kamu dan pasangan yang hobi memancing, bisa juga salurkan hobi kalian itu lho. Salah satu spot terbaiknya adalah di Jimbaran Bay, Kedonganan, atau di sekitar Pantai Tegal Wangi. Kalau masih belum puas, kamu bisa menyewa perahu dan pergi memancing di tengah laut. Atau kalian termasuk pasangan yang praktis dan lebih suka membeli ikan segar? Bisa juga kok. Datang saja ke Pasar Kedonganan, disana tersedia beragam pilihan ikan, kerang, udang, kepiting, lobster, atau hasil tangkapan laut segar lainnya. Pasar ini buka 24 jam lho, jadi kapan pun kamu mau kunjungi, pasar ini selalu buka. Jangan lupa menawar ya, soalnya di pasar ini harganya tidak fix alias bisa ditawar. Selain itu banyak juga pedagang barang kerajinan khas Bali dan warung makanan kecil di pantai ini. Cocok buat kamu yang cari oleh-oleh khas Bali buat kerabat dekat.

Kuliner di Kedonganan
Kuliner di Pantai Kedonganan

Lokasi Pantai Jimbaran

Pantai ini dekat lho dengan Bandara Internasional Ngurah Rai, Cuma sekitar 15 menit saja. Atau hanya sekitar 30 menit kalau kamu dari kota Denpasar. Dengan syarat tanpa macet ya. Tepatnya di daerah selatan pulau Bali, di kabupaten Badung.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti kebanyakan pantai di Bali, tiket masuk ke pantai ini tidak perlu bayar ya. Kamu Cuma perlu bayar parkir mobil sebesar Rp. 5.000 per mobil dan Rp. 2.000 buat kamu yang membawa motor.

Asal Usul Jimbaran

Tapi sebelumnya, kamu sudah tahu belum asal usul daerah itu diberi nama Jimbaran? Menurut sejarahnya, konon dulu ada dua saudara, Dalem Putih dan Dalem Ireng. Ibu keduanya karena suatu alasan mesti membawa Dalem Ireng hingga keduanya terpisah. Dalem Putih yang ditinggal akhirnya diasuh pertapa sakti yang mengajarkan ilmu pengobatan padanya. Saat Dalem Putih beranjak dewasa, pertapa itu meninggal. Singkat kisah, Dalem Putih dan Dalem Ireng bertemu kembali saat Dalem Putih memutuskan pergi ke Uluwatu. Walau keduanya sempat berseteru namun akhirnya rukun kembali mengingat ikatan keluarga mereka. Dalem Ireng memilih mengembara, sementara Dalem Putih mengamalkan ilmu pengobatannya di Uluwatu. Dalem Putih kemudian memutuskan membabat hutan baru di utara Uluwatu. Daerah itu karena luasnya kemudian dinamakan Jimbaran dengan asal kata Jimbara yang artinya luas. Nah, sudah tahu kan kenapa pantai Jimbaran terkenal di kalangan para pasangan yang menyukai suasana romantis? Jadi segera atur rencana bulan madu kamu dengan kunjungi pantai satu ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *