Taman Kerta Gosa: Sejarah, Keindahan dan Harga Tiket Masuknya

1 min read

Bali Trilogy – Kalau kamu suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menawarkan keindahan arsitektur dan juga pemandangan alam sekitarnya, maka Kerta Gosa lah pilihan yang tepat buat kamu datangi. Bangunan bersejarah ini bakal membawa kamu masuk ke dunia bernuansakan arsitektur khas Bali abad 17. Dijamin bakal memukau mata kamu. Memiliki makna tempat dimana raja bertemu kementriannya buat membahas masalah keadilan di Bali, maka tidak salah kalau Kerta Gosa memiliki nilai bersejarah yang penting.

Kerta Gosa

Keindahan Kerta Gosa terletak di Bale Kambang yang beratapkan lukisan Wayang yang menggambarkan baik kearifan di bidang etika atau ajaran moral maupun estetika atau seni lukis tradisional gaya wayang Kamasan. Selain itu juga mata kamu bakal dipuaskan dengan pemandangan kolam yang mengelilingi Bale Kambang, yang dinamakan Taman Gili.

Kamu mesti melewati jembatan batu bata yang melintasi kolam agar bisa masuk ke Bale Kambang. Lukisan Wayang di atap Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa memiliki makna dan ceritanya tersendiri, seperti hukum Karma Pahala, reinkarnasi, Sutasoma, Pan Brayut, Palalintangan, Ni Dyah Tantri, Bima Swarga, Pelelindon, dan banyak cerita bersejarah lainnya.

Lukisan Wayang di Kertagosa
Salah satu Lukisan Wayang di Kertagosa

Selain itu dilukiskan juga kisah Bhima Swarga yang mewakili penampilan Bhima baik di Neraka maupun di Surga. Sementara di tengah langit-langit kamu bisa lihat bunga lotus dikelilingi empat merpati yang melambangkan pencerahan, keberuntungan, serta keselamatan tertinggi. Kerta Gosa sendiri memiliki bentuk mandala, yaitu gunung yang berbentuk seperti kubah. Bentuk seperti ini umumnya dipengaruhi oleh ajaran agama Budha lho.

Selain Bale Kambang dan Bale Kerta Gosa, kamu juga bisa melihat-lihat museum yang menyimpan peninggalan bersejarah kerajaan Klungkung serta benda-benda apa saja yang dulu dipakai pengadilan adat tradisional Bali. Buat kamu yang mau membeli kenang-kenangan buat mengingat kunjungan kamu ke Kerta Gosa bisa datang ke sebelah timur kawasan wisata ini. Di sana ada pasar seni Klungkung yang menjual barang kerajinan khas Bali seperti perhiasan emas maupun perak, kain tenun, anyaman, serta lukisan wayang.

Tidak jauh dari situ adalah tempat kamu bisa parkir kendaraan kamu. Kamu bisa temukan Kerta Gosa di Kabupaten Klungkung, tepat di depan kantor Bupati. Kalau kamu dari Denpasar, lokasinya sekitar 40 km ke arah timur, tinggal melintasi Bypass Prof Dr Ida Bagus Mantra.

Sejarah Kerta Gosa

Pada masa kerajaan Klungkung jaman dulu, Kerta Gosa merupakan bagian dari kompleks kerajaan. Kompleks kerajaan Klungkung dibangun tahun 1686 oleh Ida I Dewa Agung Jambe, pemegang kekuasaan kerajaan Klungkung pertama. Namun Bale Kerta Gosa tidak dibangun bersamaan dengan kompleks kerajaan tersebut, melainkan dibangun akhir abad ke 18 di ujung timur laut kompleks kerajaan. Pada zaman itu, Bale Kerta Gosa dipakai sebagai tempat berdiskusi soal keamanan, keadilan, dan kemakmuran kerajaan Bali. Selain itu berfungsi juga menjadi tempat pengadilan di Bali. Akan tetapi saat penjajahan Belanda di tahun 1908, bangunan kerajaan Klungkung juga terkena imbasnya hingga rusak parah.

Sejarah Kertagosa
Bangunan bersejarah Kertagosa

Walau begitu, Bangunan Medal Agung yang merupakan gerbang utama kerajaan Klungkung terhindar dari kerusakan beserta dengan Bale Kambang yang dikelilingi Taman Gili, dan Bale Kerta Gosa.

Tiket Masuk Kerta Gosa

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Kerta Gosa? Tiket masuknya cukup murah kok, pastinya terjangkau kebanyakan orang. Tinggal membayar Rp. 25.000 per orang saja sudah mendapatkan tiket masuk beserta sarung dan selendang yang wajib dipakai jika mau masuk area taman Kerta Gosa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *