Wisata Karangasem Bali Yang Perlu Kamu Tahu

4 min read

Karangasem Bali

Balitrilogy – Pernahkah kamu mendengar wilayah Karangasem Bali? Tentunya masih asing dan penasaran dengan semua hal yang ada di sana bukan, untuk itu kamu akan diajak berkeliling Karangasem, Bali. Berkeliling di sejumlah tempat di bawah ini akan membuat kamu merasa ingin kembali ke sana. Nggak percaya? Buktikan saja dengan datang ke beberapa tempat wisata di Karangasem Bali ini!

Rekomendasi Wisata di Karangasem Bali

  1. Pura Candidasa

Pura Candidasa merupakan salah satu Pura di Bali dengan arsitektur yang begitu indah. Di pantai pura Candidasa ini kamu bisa melihat umat Hindu berdatangan untuk memuja Tuhan atau Sang Hyang Widhi Wasa. Pura ini ada di Jalan Raya Candidasa, Sengkidu, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Kebanyakan wisatawan juga singgah untuk beristirahat sejenak, santap siang maupun hanya ingin menikmati keindahan pemandangan sunset dari seberang Pura Candidasa. Ada juga spot foto taman tunjung yang bisa kamu gunakan lho.

Pura Candi Dasa
Taman Tunjung yang bisa kamu gunakan untuk bersantai
  1. Pantai Blue Lagoon Karangasem

Pantai Blue Lagoon Karangasem adalah pantai istimewa untuk pelancong mancanegara, kebanyakan dari mereka datang untuk tanning atau berjemur hingga kulit kecoklatan. Hamparan pasir putih yang lembut serta deburan ombak yang tidak terlalu kuat membuat kamu nyaman saat berenang di sini. Di sebelah kiri dan kanan ada batuan karang dan pepohonan yang rimbun sedangkan bagian yang menjorok ke dalam berisi terumbu karang kecil dan hewan laut kecil. Untuk yang suka snorkeling, disarankan untuk membawa peralatannya. Namun perlu diperhatikan bahwa arus di pantai blue lagoon terkadang cukup tinggi dan bisa membahayakan wisatawan.

Pantai Blue Lagoon karangasem
Keindahan Pantai Blue Lagoon karangasem yang memukau (sumber: Dispar Karangasem)
  1. Bukit Asah

Bukit Asah berada di Desa Sengkidu, Manggis, Kecamatan Karangasem, Bali. Pemandangan yang indah dari atas bukit ini adalah penampakan pegunungan, lautan luas dan hijaunya hamparan sawah membuat kamu tidak menyesal untuk singgah ya. Di atas bukit yang cukup datar ini, kamu bisa menyewa alat camping seharga Rp. 80.000. tidak perlu khawatir akan menu makanan, karena di dekat bukit ini sudah ada tempat makan yang rasanya cukup enak dengan harga yang sangat terjangkau. Dari sini ada sederetan pulau kecil yang terlihat, udara yang masih segar akan membuat pikiran kamu tenang.

Bukit Asah
Bukit Asah Karangasem
  1. Desa Tenganan Pegringsingan

Desa dengan budaya Bali yang super kental yaitu Desa Wisata Budaya Tenganan Pegrigsingan yang ada di Dusun Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Di desa ini rumahnya tidak boleh dibangun seperti perumahan modern dan harus ada ritual khusus dalam membangun rumah. Para penduduk masih menganut adat Awih-Awig dan Peran Pandan untuk menjaga kemurnian budaya Bali. Di desa ini kamu bisa melihat dan membeli kerajinan tangan serta wanita yang membawa makanan di atas kepala mereka sembari mengenakan sabuk warna merah. Jangan kaget saat masuk ke sini kamu akan melihat dupa dan tungku kecil di pojokan tertentu, menyan itu adalah penghormatan kepada leluhur yang menjaga rumah, maka jangan sampai kamu menyenggol sesaji tersebut jika tidak ingin bernasib buruk.

Desa Tenganan
Desa Tenganan, desa budaya yang masih terjaga ke asriannya dari jaman dahulu
  1. Danau Yeh Malet

Danau Yeh Malet ini berlokasi di Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem dengan titik wisata lainnya yaitu pantai teh malet. Kamu bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset sembari makan ayam khas Bali. Untuk masuk ke pantai ini dikenakan tiket Rp.5.000 sedangkan masuk ke danaunya gratis. Warga di sekitar yeh malet ini ramah dan seringkali pelancong yang datang diberikan sajian cemilan cuma-cuma. Di danau ini juga bisa disewa perahu untuk memancing ikan, kamu yang menyukai hobi memancing bisa menyewa peralatannya seharga Rp. 40 ribu – Rp. 50 ribuan. Ikan hasil pancingan tidak akan dibebankan biaya lho, bisa dibawa pulang dan dimasak.

Danau Yeh Malet
Di luar negeri? Bukan ini di Danau Yeh Malet Karangasem. Cantik bukan?
  1. Rumah Coklat Karangasem

Kamu ingin menikmati suasana layaknya di rumah pinggir pantai yang asri dan tenang tetapi ada makanan yang enak dan murah? Datang saja ke Rumah Coklat yang berlokasi di Pantai Jian, Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.  Rumah coklat ini memberikan kesan nyaman dengan ayunan dan perahu yang mirip dengan aslinya. Tiket masuk ke rumah coklat karangasem mulai dari Rp. 10.000 per orang untuk wisatawan lokal. Ada beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan seperti ayunan yang berhadapan langsung ke pantai dan juga rumah-rumah berbentuk unik yang bisa menjadi latar belakang fotogenik buat kamu.

Rumah Coklat Karangasem
Rumah Coklat Karangasem
  1. Taman Tirta Gangga

Taman Tirta Gangga ini menyajikan kualitas air asli dari alam dengan sumber Mata Air Rejasa. Lokasinya berada di Jalan Raya Abang, Desa Adat, Ababi Abang, Kab. Karangasem Bali. Taman ini menyajikan bentuk khas seperti candi dengan tugu yang terendam air, ada jalan setapak yang ada di tengah kolam dan pancuran air murni dari tugu utama. Taman ini telah berdiri selama lebih dari 40 tahun dengan pertama kali di tahun 1963. Sejarah taman ini pernah hancur ketika gunung berapi agung Bali meletus tetapi segera diperbaiki kembali untuk melestarikan lingkungan sekitar. Taman ini memiliki 3 tingkat, yaitu tingkat pertama yang berisi pohon beringin dengan mata air, tingkat kedua berisi kolam renang dan tingkat ketiga berisi kolam hias dengan air mancur.

Taman Tirta Gangga
Taman Tirta Gangga salah satu taman terbesar di ujung timur pulau bali
  1. Bukit Nampo Karangasem

Bukit Nampo Karangasem atau sering disebut dengan Bukit Surga ini ternyata memiliki pesona suasana yang begitu indah nan sejuk. Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat hamparan hijau dengan suhu di bawah 25 derajat dan udara segar asri tanpa polusi. Lokasi Bukit Nampo ini tepatnya di Desa Jungutan, Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali. Untuk menjangkau ke bukit ini kamu harus sedikit ekstra tenaga ya karena medan yang turun dan menanjak cukup lumayan. Jangan lupa membawa perlengkapan bekal secukupnya karena di sini tidak ada warung. Di sini juga menyediakan peralatan kemah mulai dari Rp. 55 ribuan dengan kelengkapan super apabila kamu ingin mencoba bermalam di hotel seribu bintang ya.

Bukit Nampo
Pemandangan Matahari terbit di Bukit Nampo
  1. Pura lempuyang

Pura lempuyang merupakan pura tertua di Bali yang masih kuat sekali aura mistisnya, pura ini berada di lereng Gunung Suci Lempuyang. Tempat ibadah umat Hindu ini sangat sakral sekali sehingga bagi siapapun yang ingin masuk dan melakukan aktivitas diharapkan tidak berlaku buruk dan berbicara kotor. Kamu bisa mendaki anak tangga dan melihat megahnya Gunung Lempuyang sebagai gunung yang menghadap tegak di kedua pintu masuk menuju surga. Warga sekitar menyebutnya dengan gate to heaven atau gerbang ke surga.

Untuk masuk ke pura ini, kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Untuk datang ke pura ini kamu bisa bertanya jalan ke desa Bunutan, Abang, Seraya Bar, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Tidak diperkenankan bagi warga pendatang untuk menyisir ke berbagai titik tanpa didampingi oleh juru kunci pura ini. Seperti yang kamu ketahui, pura ini sangat direkomendasikan oleh seluruh wisatawan mancanegara, hingga dikenal sebagai Heaven’s Gate. Kenapa? Kamu bisa lihat sendiri foto dibawah. Terasa tidak asing kan?

Pura Lempuyang
Pura Lempuyang Luhur atau yang dikenal sebagai Heaven’s Gate oleh para Wisatawan
  1. Restoran Bali Asli

Wisata plus kuliner yang ampuh dan tak bikin kapok hanya ada di Restoran Bali asli yang berlokasi di Jalan Gelumpang, Karangasem, Kecamatan Karangasem, Bali. Dari resto ini, kamu bisa melihat suasana gunung di lantai atas sembari menikmati kopi panas atau bahkan menu khasnya yaitu ayam betutu dan tum ayam. Kamu juga boleh lho masak di meja makan dengan chef dari resto.

restaurant bali asli
Pemandangan di restaurant bali asli karangasem. Indah bukan?

Gimana? Pasti jadi tertarik kan untuk mengunjungi Karangasem Bali? Sebenarnya masih banyak lagi wisata di karangasem bali yang belum dibahas. Mungkin kita akan bahas kembali di lain kesempatan. Selamat Berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *