Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

3 min read

Harga Tiket Masuk GWK

BalitrilogyGaruda Wisnu Kencana Cultural Park, adalah salah satu destinasi wisata baru yang ada di Bali. Walaupun terbilang baru, namun sejak beberapa tahun yang lalu, terutama pada saat proses pembuatannya, hingga saat ini, objek wisata tersebut sudah cukup menarik, hingga menyedot para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Apalagi saat ini, GWK yang tidak lain singkatan dari Garuda Wisnu Kencana, sudah sepenuhnya rampung. Membuat lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut.

Lokasi dan rute ke GWK

Objek wisata yang bernama Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, in adalah sebuah taman budaya yang luasnya sekitar 240 hektar. Beralamat di Jl. Raya Uluwatu, desa Ungasan, Kuta Selatan, kabupaten Badung – Bali. Dari bandara Ngurah Rai sendiri, menuju lokasi GWK, tidak terlalu jauh hanya sekitar 15 hingga 20 menit perjalanan, terutama jika kondisi jalan sedang lancar. Mengingat lokasinya yang terbilang strategis, maka untuk mencapai lokasi tersebut tidak terlalu sulit. Kamu dapat menggunakan jasa rental mobil atau motor, atau yang lainnya untuk sampai ke lokasi yang dimaksud.

Daya tarik GWK

GWk atau Garuda Wisnu Kencana sendiri adalah sebuah kendaraan berupa burung yang digunakan oleh Dewa Wisnu.  Patung ini sendiri dibangun dan diukur oleh seorang pemahat terkenal yang ada di Bali, I Nyoman Nuarta. Dimana pada rencana awal, tinggi patung GWK rencana sekitar 126 meter, dengan lebar 60 meter. Sedangkan saat ini tingginya hanya sekitar 20 meter saja. Tapi jika dihitung beserta patung dewa Wisnunya, maka tingginya jadi sekitar 120 meter.

Tinggi Patung GWK
Tinggi Patung GWK secara totalnya sekitar 120m. Salah satu patung tertinggi yang ada di Indonesia

Selain dapat menikmati indah dan uniknya patung GWK , di tempat ini, kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Sebenarnya tidak hanya matahari terbenam saja yang akan terlihat indah dari kawasan tersebut, ada juga beberapa ragam acara hiburan yang diadakan mulai dari pagi, hingga malam hari.

Taman budaya yang satu ini terletak di atas ketinggian sekitar 146 meter di atas permukaan tanah atau sekitar 263 mdpl. Di dalamnya terdapat beberapa macam patung menarik, seperti patung Garuda yang berada tepat di belakang Plaza Wisnu dengan tinggi sekitar 18 meter. Garuda Plaza sendiri, kini menjadi titik fokus, sebuah lorong besar, luasnya 4000 meter, dengan konsep ruang terbuka. Ada juga lotus pond, yang tidak lain pilar batu kapur yang membuat ruangan jadi terkesan sangat eksotis. Membuat ruangan tersebut mampu menampung hingga 7.000 orang.

Tempat rekreasi di GWK

Di tempat rekreasi yang diresmikan oleh presiden Joko Widodo tahun 2018 tersebut, juga mempunyai beberapa tempat rekreasi menarik yang dapat kamu kunjungi :

  1. Wisnu Plaza

Wisnu Plaza berada di tanah tertinggi yang ada di kawasan GWK. Mengingat ini adalah titik terpenting dari objek wisata yang dimiliki oleh Group PT. Alam Sutera Reality Tbk. Di mana di dalam Wisnu Plaza tersebut, terdapat patung GWK itu sendiri.

Pada waktu-waktu tertentu, di lokasi tersebut akan diselenggarakan pagelaran seni tari tradisional Bali dengan latar belakang patung GWK yang megah. Berada di titik ini, membuat kamu dapat melihat panorama sekitar secara leluasa. Yang menarik dari lokasi ini adalah, adanya air mancur yang sengaja diletakkan di sekeliling patung. Bahkan katanya air sumur yang lokasinya paling dekat, tidak pernah surut, walau musim kemarau tiba.

  1. Street Theater

Ini adalah titik awal, dan akhir kunjungan ke GWK. Di dalamnya kamu akan menemukan toko souvenir dan Bali Art market. Kamu akan menemukan aneka oleh-oleh khas Bali, seperti produk Spa Bali, aromatherapy, dll. Bahkan jika kamu merasa lelah, setelah berjalan-jalan di sekeliling lokasi, tidak ada salahnya untuk mencoba refleksi kaki yang ada di lokasi tersebut. atau mencoba mencicipi aneka macam makanan dengan harga terbaik.

  1. Lotus Pond

Ini adalah sebuah area outdoor terbesar yang ada di kawasan GWK, sekaligus memungkinkan penyelenggaraan acara besar dapat dilakukan. Sudah sejak lama, kawasan tersebut digunakan untuk mengadakan acara dalam skala besar, baik untuk event nasional hingga Internasional.

Seperti namanya Lotus Pond sendiri, adalah teratai. Dimana teratai sendiri adalah sebuah simbol dari keindahan, kesuburan dan kemakmuran. Sedangkan dewa Wisnu sendiri, selalu membawa bunga teratai ini di tangannya, yang memang hampir semua dewa dalam agama Hindu duduk di atau sebuah teratai, atau membawa bunga tersebut.

  1. Indraloka Garden

Ini adalah sebuah tempat yang cukup banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Pas jika digunakan untuk pesta kecil hingga menengah. Misalnya saja untuk mengadakan acara gathering, upacara pernikahan, dan yang lainnya.

  1. Amphitheater

Adalah tempat luar ruangan yang pas jika digunakan untuk pertunjukan musik, atau tarian. Selain itu setiap sore di kawasan ini, ada pertunjukan tari Kecak gratis, yang dikombinasikan dengan aneka tarian daerah lain setelahnya.

  1. Tirta Agung

Sama seperti Indraloka Garden, dimana ini adalah sebuah ruang terbuka, yang pas digunakan untuk acara menengah.

Seperti yang dijelaskan di atas, lokasi yang disebutkan, kerap kali menyelenggarakan kegiatan seni pertunjukkan. Jam seni pertunjukan dan lokasi yang digunakan cukup berbeda –beda, dan data-rata menggunakan Amphitheater. Jam dan seni pertunjukan yang diberikan cukup beragam. Kamu yang tertarik untuk melihat seni pertunjukan tersebut, ada baiknya jika melihat dan mengecek jadwal kegiatan di website resminya.

Fasilitas di GWK

Mengingat ini adalah objek wisata yang memang dipersiapkan untuk wisatawan lokal hingga mancanegara, sudah pasti fasilitas yang disediakan tidak main-main. Ada banyak sekali fasilitas yang tentunya ideal dan memadai untuk para wisatawan. Termasuk ketika mengadakan pertunjukan, seperti adanya ruang eksibisi, restoran, toko souvenir, dan yang lainnya.

Harga Tiket masuk ke GWK

Objek wisata ini dibuka mulai dari jam 08.00 hingga jam 22.00 setiap harinya. Tentunya untuk masuk ke lokasi tersebut, setiap wisatawan harus membeli tiket masuk. Harganya cukup beragam, terutama untuk WNA berbeda dengan harga untuk WNI. Untuk WNI sendiri harga tiket masuk GWK yang ditawarkan adalah :

  • Untuk dewasa sekitar Rp 125,000 per orang.
  • Untuk anak-anak usia 5 hingga 12 tahun sekitar Rp 100.000 per orang.
  • Untuk masuk ke dalam area patung GWK, sekitar Rp 200.000 per orang.

Sedangkan untuk anak yang berusia kurang dari 5 tahun dan juga anak-anak yang tingginya dibawah 100 cm gratis. Jadi dengan kata lain, walaupun usia sang anak baru 4 tahun namun tingginya sudah lebih dari 100 cm, maka kamu harus membayar sesuai ketentuan yang berlaku.

Garuda Wisnu Kencana Kultural Park
Garuda Wisnu Kencana Kultural Park

Apabila kamu berencana untuk mengunjungi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ini, sebaiknya cek terlebih dahulu, jadwal untuk mengunjungi lokasi tersebut, jadwal seni pertunjukan, lokasi seni pertunjukan, dan beberapa hal lainnya. Persiapan yang baik, tentunya mampu memberikan pengalaman yang berharga, dan tidak akan kamu dapatkan pada waktu lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *